Bagaimana Sih Cara Mengajarkan Kebersihan Mulut Yang Baik Untuk Anak-Anak

Diposkan oleh admin on Selasa, November 15, 2011

cara-mengajar-kebersihan-mulut-untuk-anak-anakMenjaga anak tetap sehat adalah perhatian utama bagi kebanyakan orangtua. Ini karena kesehatan gigi dan gusi sangatlah penting untuk kesehatan secara umum. Ada begitu banyak masalah kesehatan yang dihubungkan dengan penyakit gusi, oleh karena itu mengajar anak-anak untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dari usia muda sangatlah penting karena dapat membantu mencegah masalah-masalah yang mempengaruhi ketika mereka dewasa kelak.

Fakta yang terjadi adalah lubang gigi (karies gigi) di kalangan anak-anak cukup meningkat secara signifikan. Dimana tiga puluh tahun yang lalu, kebanyakan anak masih relatif bebas dari kerusakan gigi,

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat diberikan pada anak-anak untuk membantu mempromosikan kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi yang yang baik.

  1. Ajarkan cara menyikat gigi. Jika anak Anda telah memiliki gigi maka tentu saja perlu untuk belajar bagaimana cara menyikat gigi. Anak-anak perlu diajarkan bagaimana menyikat permukaan gigi dan harus diajarkan untuk menyikat gigi mereka dalam waktu yang cukup lama. Anda dapat membeli tablet kunyah yang dapat mewarnai gigi anak dan menunjukkan pada mereka di mana letak kesalahan anak pada saat menyikat gigi. Ada juga sikat gigi yang dapat mengeluarkan cahaya selama menyikat gigi, ini akan membuat kegiatan menyikat gigi menjadi momen yang paling seru. Sebenarnya, tidak peduli  metode apa yang Anda gunakan, yang paling penting adalah mengajari mereka bagaimana cara menyikat gigi dengan benar.
  2. Ajarkan menggunakan benang gigi (dental floss). Ini untuk menghindri penyakit gusi akibat plak. Penyakit gusi saat ini memiliki efek yang lebih buruk pada kesehatan secara keseluruhan, jadi pastikan mereka tahu cara yang tepat untuk menggunakan benang gigi (dental floss) dan melakukannya setiap hari.
  3. Membawa mereka ke layanan kesehatan mulut (praktek dokter gigi) sejak usia dini dan mulai mengembangkan kebiasaan pemeriksaan gigi dan gusi secara rutin. Carilah penyedia layanan kesehatan gigi dan mulut di daerah Anda, seperti dokter gigi, atau dokter gigi spesialis anak. Dokter gigi dapat memberikan saran diet pencegahan dan tips yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi anak.
  4. Ajarlah dengan memberikan contoh.  Anak-anak cenderung melihat hal-hal yang harus dilakukan dan menirunya. Jika anak-anak Anda melihat Anda menyikat gigi secara teratur dan menggunakan benang gigi (dental floss) secara teratur, maka mereka kemungkinan besar akan meniru anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: